Find us on Google Plus

LightBlog
Responsive Ads Here

Tuesday, August 28, 2018

Resensi Buku Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer



RINCIAN BUKU :

Judul buku : Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer
Penulis : Made Wena
Penerbit : Bumi Aksara
Edisi ke/Cetakan ke : 1/6
Tahun Terbit : 2011
ISBN : 978-979-010-526-3


Buku Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer ini ditulis oleh Made Wena, ia seorang instructional designer untuk bidang manajemen industri dan saat ini ia aktif menjadi konsultan manajemen proyek pada beberapa perusahan jasa konstruksi maupun perusahaaan-perusahaaan bisnis lainya. Ia merupakan lulusan IKIP Malang pada tahun 1984 jurusan Pendidikan Teknik Bangunan. lalu ia menjadi dosen tetap di IKIP Malang dan pada tahun 1988 ia melanjutkan study S-2 nya Bidang Teknologi Pembelajaran program pascasarjana di IKIP Malang. Pada tahun 2003 ia melanjutkan kembali study S-2 nya di jurusan Teknik Sipil dengan spesialisai manajemen proyek Konstruksi di ITS Surabaya.

Ia banyak sekali melakukan penelitian-penelitian terkait dengan pembelajaran dan juga penelitian-penelitian tentang manajemen proyek konstruksi.

Ringkasan Buku Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer 


Uraian Bab

Uraian Bab
Uraian Bab


Di dalam buku Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer ini banyak menjelaskan berbagai macam strategi-strategi yang dapat membantu guru dalam memberikan pembelajaran. Tentu strategi yang dijelaskan tidak hanya satu strategi saja, melainkan ada tujuh strategi dalam berbagai jenis sesuai kebutuhan pengajar.

Adapun tujuan dan manfaatnya mampu memberikan pengalaman-pengalaman secara tidak langsung sebagai pengganti pembaca dalam praktik menjadi guru. Dibuku ini juga dapat memberikan saran-saran dan langkah-langkah dalam mengajar dikelas. Secara khusus pembaca juga dapat memetik nilai-nilai keterampilan dan sikap dalam mengajar.

Buku ini diperuntukan bagi mahasiswa yang menempuh kuliah dengan basic pendidikan, sehingga nantinya dapat membantu mewujudkan calon-calon pengajar/guru yang cerdas dan inovatif.

Kelebihan Buku: 

  • Penjelasan mudah dipahami
  • Penyajian sangat menarik
  • Struktur bahasa sangat sesuai

Kekurangan Buku:

  • Terdapat pembahasan yang masih kurang detail

Kesimpulan:

Buku Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer ini, yang ditulis oleh Made Wena sangat membantu para dosen dan mahasiswa yang akan menjadi tenaga pendidik bangsa agar dapat memiliki berbagai macam strategi pembelajaran secara akademik maupun nonakademik yang cerdas dan inovatif sehingga dapat mewujudkan calon peserta didik yang unggul. dan tidak hanya itu saja, buku ini juga sangat bermanfaat karena memiliki nilai-nilai yang berguna untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran.


Sumber Buku:
Made, Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

No comments:

Post a Comment